kemudahan memahami Islaam


MENGENAL KESYIRIKAN
10 Januari 2008, 10:50 am
Filed under: mengenal kesyirikan sang pembatal keislaaman

MENGENAL KESYIRIKAN 

Saudara-saudariku -semoga kita senantiasa istiqamah di atas al-ĥaq-, jika engkau ditanya apakah syirik itu, maka jawablah:

 Ø                      Syirik adalah menyekutukan atau menyetarakan Allah dengan selain Allah pada hal-hal yang hal tersebut merupakan kekhususan Allah. 

Syirik adalah lawan dari Tawĥiid. 

Syirik ada dua:1. Syirik besar atau syirik akbar.

                      2. Syirik kecil.  

1. Syirik besar atau syirik akbar: yaitu perbuatan yang ditetapkan dalam Diin Islaam sebagai perbuatan syirik dan mengeluarkan pelakunya dari Diin Islaam. 

          Dan barangsiapa yang mati dalam keadaan belum bertaubat dari syirik besar maka ia tidak akan diampuni dan ia akan kekal di neraka.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni jika Ia dipersekutukan, dan Allah mengampuni (dosa) yang di bawah itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang menyekutukan Allah (berbuat syirik) maka sungguh ia telah berbuat dosa yang sangat besar.” (Terjemahan surat An-Nisaa` ayat ke 48)

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni jika Ia dipersekutukan, dan Allah mengampuni (dosa) yang di bawah itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang menyekutukan Allah (berbuat syirik) maka sungguh ia telah sangat jauh tersesat.” (Terjemahan surat An-Nisaa` ayat ke 116)

“Sungguh-sungguh telah kafir orang-orang yang mengatakan bahwasanya Allah adalah Al-Masiiĥ putra Maryam, padahal telah berkata Al-Masiiĥ: ‘Ya Banii Israa-iil beribadahlah kalian (hanya) kepada Allah Rabbku dan Rabb kalian’. Sesungguhnya barangsiapa yang menyekutukan Allah maka sungguh telah Allah haramkan atasnya surga dan tempat kembalinya adalah neraka, dan tidak ada bagi orang-orang yang zhalim itu seorang penolongpun”. (Terjemahan surat Al-Maa-idah ayat ke 72)

bersambung..


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: