kemudahan memahami Islaam


RUKUN ISLAAM
12 Januari 2008, 1:59 am
Filed under: Terjemah Ĥadiits

RUKUN ISLAAM

“Islaam itu dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa sesungguhnya tidak ada yang berhak diibadahi (disembah) kecuali hanya Allah dan sesungguhnya Muĥammad adalah hamba-Nya dan rasuul-Nya, menegakkan shalat (yang lima waktu), membayar zakat, haji ke Baytullah, dan berpuasa Ramadhan”.

[Ĥadiits riwayat Imam Muslim. Imam Al-Bukhaariy juga meriwayatkan ĥadiits yang serupa, hanya saja yang ada pada riwayat Imam Al-Bukhaariy lafazhnya berbunyi: “…dan sesungguhnya Muĥammad adalah Rasuulullah, …”, sedangkan pada riwayat Imam Muslim: “…dan sesungguhnya Muĥammad adalah hamba-Nya dan rasul-Nya, …”].

Keterangan:

Persaksian akan kalimat syahadat bukanlah sekedar ucapan, namun juga harus disertai dengan ilmu tentang apa yang diinginkan kalimat syahadat ini, serta keyakinan dengan hatinya, dan kejujuran baik dalam ucapan dan perbuatannya.Sehingga seorang hamba setelah ia mengucapkan kalimat ini, mengilmuinya, dan meyakininya, maka ia mesti memenuhi konsekuensi dari kalimat ini baik dalam ucapan-ucapan maupun perbuatan-perbuatannya dan menjauhi hal-hal yang dapat membatalkan persaksiannya ini. Lihat makna, rukun dan syarat kalimat syahadat ini pada kategori ‘Mengenal Tawĥiid’ atau pada ‘Soal Jawab ‘Aqiidah’

Faedah: Pendahuluan penyebutan haji daripada puasa Ramadhan diriwayatkan secara bersama oleh Imam Al-Bukhaariy dan Imam Muslim di Shaĥiiĥ keduanya. Adapun pendahuluan penyebutan puasa Ramadhan daripada haji diriwayatkan hanya oleh Imam Muslim di dua tempat di Shaĥiiĥ beliau.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: